Nov 14, 2009

TUTORIAL : PERHITUNGAN HARGA POKOK PENERBANGAN ( 3 )

Indikator Traffic Penerbangan

Pax Carried : Jumlah Pax/Penumpang yang diangkut pada suatu rute. Penumpang yang diperhitungkan disini adalah penumpang bayar tidak termasuk ID/Free.

Freight Carried Kg : Jumlah kg Freight/Muatan yang diangkut pada suatu rute. Muatan yang diperhitungkan disini adalah muatan bayar tidak termasuk ID/Free.

Mail Carried Kg : Jumlah kg Pos/Mail yang diangkut pada suatu rute.

Catatan : Untuk mempermudah, biasanya Freight dan Mail digabung menjadi Cargo (Cargo = Freght + Mail).


Revenue Ton Kilometre (000) : Ton Kilometer muatan yang diangkut yang merupakan perkalian antara Kg seluruh muatan (Pax,Bag,Frt & Mail) x Frekuensi x Jarak/Distance.

Revenue Pax Kilometre (000) : Pax Kilometer yang diangkut yang merupakan perkalian antara Jumlah Penumpang x Frekuensi x Jarak/Distance.

On Time Performance (%) : Ratio tingkat ketepatan penerbangan. Standar industri untuk OTP adalah 85% atau masih memberikan toleransi keterlambatan sebesar 15%.

Seat Load Factor (%) : Ratio tingkat isian penumpang yang diangkut yang merupakan prosentase hasil pembagian Revenue Pax Kilometre (RPK) dibagi Available Seat Kilometre (ASK).

Cargo Load Factor (%) : Ratio tingkat isian cargo (Frt+Mail) yang diangkut yang merupakan prosentase hasil pembagian Revenue Ton Kilometre Cargo (RTKC) dibagi Available Ton Kilometre Cargo (ATKC).

Weight Load Factor (%) : Ratio tingkat isian seluruh muatan pesawat yaitu Pax (Kg) + Bag (Kg) + Frt (Kg) + Mail (Kg) yang diangkut yang merupakan prosentase hasil pembagian Revenue Ton
Kilometre (RTK) dibagi Available Ton Kilometre (ATK). Berat Pax diasumsikan Dom=90 Kg, Int’l=100 Kg.

Break Even SLF (%) : Ratio titik impas isian penumpang yang diangkut yang dibutuhkan untuk menutup biaya dalam penerbangan.
Break Even Pax : Jumlah penumpang yang diangkut yang dibutuhkan untuk menutup biaya operasi penerbangan.

Break Even CLF (%) : Ratio titik impas Kg isian Cgo (Frt+Mail) yang diangkut yang dibutuhkan untuk menutup porsi biaya Cgo dalam operasi penerbangan. Porsi biaya Cgo ini masih menjadi perdebatan, tapi kalau mengacu pada Lufthansa adalah 9% dari Total biaya (TOC).

Break Even Cgo (in Kg) : Jumlah kg muatan yang diangkut yang dibutuhkan untuk menutup porsi biaya Cgo dalam penerbangan.


IKUTI TERUS BLOG INI ! Jumpa lagi di edisi berikutnya, salam

0 komentar:

Post a Comment

All_about_indonesia
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews