Oct 27, 2009

TUTORIAL : PERHITUNGAN HARGA POKOK PENERBANGAN ( 2 )

Sebelum melangkah lebih jauh, cara melakukan perhitungan Harga Pokok Penerbangan, idealnya kita harus mengetahui terlebih dahulu istilah-istilah dalam Ekonomi Penerbangan. Takutnya, penulis udah bicara “ngalor ngidul”, ternyata masih ada yang belum paham apa itu RPK, apa itu Yield, dsb. Pengalaman membuktikan, ada beberapa pegawai airlines ternyata belum paham betul tentang istilah-istilah penerbangan. Maksudnya biar nyambung gitu!

Jumlah frekuensi penerbangan dalam satu kesatuan rute. Contoh CGK-DPS-PER = 1 flight/1 frekuensi. Sedangkan yang dinamakan

Leg adalah CGK-DPS dan DPS-PER=2 Leg. Untuk menghitung biaya penerbangan Leg yang dipakai. Sedangkan yang dinamakan City Pair adalah CGK-DPS, CGK-PER, DPS-PER=3 City Pair. City Pair inilah yang digunakan untuk menghitung Pendapatan, Trafik dan Produksi penerbangan secara benar karena masing-masing Pair beda harga dan beda jumlah Trafik dan Produksinya. Jadi tidak boleh dihitung rata-rata, hasilnya akan beda. Ikuti yang benar, jangan ikut-ikutan salah!

Landing : Jumlah pendaratan pesawat per leg. CGK-DPS-PER = 2 Landing yaitu di DPS dan PER. Untuk mengetahui suatu pesawat bisa atau tidak melakukan pendaratan di suatu bandara, caranya lihat data teknis pesawatnya (Boeing.com/Airbus) butuh panjang runway untuk landing berapa, trus lihat data teknis bandara (Bandarudara.com, Airfleets.com > Airport by Country) panjang landasan/Runway nya cukup nggak?

BlockHour : Jumlah jam terbang dari saat mesin dihidupkan/Block On sampai dengan dimatikan/Block Off (Start, Taxi time pre take Off, Take Off sampai dengan Pesawat Landing, Taxi time after Landing dan Stop). Sedangkan Flyng Hour adalah hanya jumlah jam terbang dari saat take off sampai landing saja. Biaya Maintenance mengacu pada Flight Hour/Time ini. Umumnya perbedaan antara BH dan FH antara 5-15% tergantung kondisi airportnya.

Untuk mendapatkan data Block Hour dari satu tujuan ke tujuan lain di seluruh dunia lihat di Airrouting.com > Time and Distance Calculator. Terpenting isi kode IATA/ICAO bandara sudah mendapatkan data Block Hour tanpa menunggu informasi dari bagian Operasi.

Flightkilometers : Jumlah kilometer penerbangan setelah mengkalikan antara frekuensi x jarak/distance. Sama dengan diatas, untuk mendapatkan data Distance dari satu tujuan ke tujuan lain di seluruh dunia, lihat di Airrouting.com > Time and Distance Calculator

Fuel Burn (in liter) : Jumlah pemakaian bahan bakar dalam liter. Merupakan hasil perkalian antara fuel consumption pesawat/jam x Jam terbangnya.

Data fuel consumption untuk masing-masing tipe pesawat berbeda-beda, jadi kunjungi saja sumbernya seperti Boeing, Airbus atau Other web > Fuel Consumption/Technical data.

ATK (000) : Jumlah Ton Kilometer Produksi (dalam ribuan) yang merupakan hasil perkalian antara Payload (Berat pesawat) x Frekuensi x Jarak/Distance.

Data payload untuk masing-masing tipe pesawat kunjungi saja sumbernya seperti Boeing, Airbus atau Other web > Payload/Technical data.

ATK Cargo (000) : Jumlah Ton Kilometer Produksi Cargo (dalam ribuan) yang merupakan hasil perkalian antara Payload (Berat pesawat) dikurangi Berat penumpang rata-rata (Dom 90kg/Int’l 100 kg)*) x Frekuensi x Jarak/Distance.

*) Umumnya Unit Cargo menguranginya lagi dengan Tare weight/Berat Pallet untuk masing-masing tipe pesawat. Hal ini masih menjadi perdebatan antara Unit Penumpang dan Cargo.

ATK Cargo (ATKC) : Sangat diperlukan terutama oleh unit kargo untuk menghitung tingkat isian kargonya yaitu Cargo Load Factor (CLF).

ASK (000) : Jumlah Seat Kilometer Produksi (dalam ribuan) yang merupakan hasil perkalian antara Seat Available (jumlah kursi pesawat) x Frekuensi x Jarak/Distance. Untuk mendapatkan data S/A untuk masing-masing tipe pesawat, kunjungi saja sumbernya seperti Boeing, Airbus atau Other web

Untuk sementara penjelasan tentang istilah penerbangan hanya sampai pada sisi Produks dulu. Kalau kebanyakan bisa pusing nantinya. Terpenting coba dan praktekkan atau paling tidak kunjungi web-web yang disebutkan diatas.

IKUTI TERUS BLOG INI
! Sampai jumpa pada Edisi berikutnya, sala

0 komentar:

Post a Comment

All_about_indonesia
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews