Dec 13, 2009

Awal sejarah penerbangan “Komersial” manusia ke luar angkasa

Kelak pada tahun 2011 atau paling lambat tahun 2012 (Diberitakan masih dalam progam test lanjutan hingga 2 tahun kedepan), anda dapat bepergian ke ruang angkasa layaknya melakukan perjalanan penerbangan dengan pesawat pada umumnya. Dengan membayar tiket seharga US $200 ribu per orang, maka impian untuk melakukan perjalanan penerbangan ke luar angkasa akan dapat terwujud.

Pada Senin malam, 7 Desember 2009, Perusahaan Virgin Galactic asal Amerika Serikat (Sebuah perusahaan yang 68% dimilki oleh Virgin group dan 32% oleh Aabar Investments), memperkenalkan secara resmi kepada publik, sebuah pesawat ruang angkasa komersial "SpaceShipTwo". Pesta peluncuran pesawat tersebut dilakukan di gurun pasir Mojave, California Amerika Serikat (AS).

Kalangan elit mulai dari pengusaha, selebriti, bankir, dan yang akan menjadi wisatawan pertama di angkasa luar, hadir dalam acara yang diakhiri dengan pesta cocktail.

Penumpang akan meluncur bersama SpaceShipTwo sejauh 65 mil atau 104 kilometer ke angkasa. Keseluruhan wisata ini diperkirakan menghabiskan waktu sekitar dua setengah jam. Pada ketinggian tertentu, para penumpang dapat melihat planet bumi secara langsung dan melihat pemandangan berupa lengkungan Bumi, sebuah pemandangan yang hingga sekarang hanya bisa dilihat oleh segelintir orang saja. Tak hanya itu, penumpang juga diperbolehkan melepas sabuk pengaman dan merasakan sensasi mengambang di udara.
Prototipe awal pesawat tersebut adalah "SpaceShipTwo-01C” yang pada awalnya diterbangkan tanpa awak pada tanggal 20 Mei 2003. Dua bulan kemudian pada 29 Juli 2003, untuk pertama kalinya pesawat tersebut diawaki oleh pilot, yaitu Mike Melvill dan berhasil dengan catatan durasi selama 2 jam 6 min. Percobaan tersebut terus dilanjutkan hingga 04 Oktober 2004.
Seperti pendahulunya, "SpaceShipTwo", kendaraan luar angkasa bertenaga roket ini juga akan dibawa ke ketinggian sekitar 50.000 kaki oleh pesawat konvensional WhiteKnightTwo. Kemudian, "SpaceShipTwo" akan memisahkan diri dari pesawat induk dan menggunakan roket hibrida tunggal untuk meluncurkan dirinya sendiri sepanjang 110 kilometer ke lapisan termosfer dengan kecepatan 4.200 kilometer per jam (2.600 mph), lebih cepat dibanding jet militer tercepat di dunia. Dengan panjang 60 kaki, "SpaceShipTwo" bisa memuat delapan orang, yakni dua pilot dan enam penumpang. "Ini adalah pesawat angkasa luar yang sangat besar, jadi kita bisa punya banyak ruang untuk melayang-layang dan banyak jendela untuk melihat keluar," kata pemilik Virgin Galactic, Sir Richard Branson. Penerbangan pertama SpaceShipTwo akan diluncurkan dari “Spaceport America”.

Profil SpaceShipTwo :
* SpaceShipTwo unveiled on 7th December 2009 immediately prior to start of its
test flight program
* Uses all the same basic technology, construction and design as SpaceShipOne
prototype
* Is around twice as large as SS1 and will carry 6 passengers and 2 pilots
* Cabin approx the size of a Falcon 900 exec jet
* Whole fuselage used for passenger cabin – no raised “floor”
* Large windows positioned throughout the cabin to afford maximum viewing
potential for passengers
* Planning for reclining seats to maximize cabin space in zero g and for re-entry
* Dimensions: Wing span: 42ft. Length: 60 ft. Tail height: 18 ft (Feather down)
* Cabin details: 6 passenger seats. 90” diameter x 12 ft long
* Construction: 100% carbon composite
* Propulsion: hybrid rocket motor uses benign fuel and oxidizer (the same means
of propulsion as SpaceShipOne) and is controllable – can be shut down at any
time during boost phase of flight
* Power: after release from carrier aircraft, operates on internal power supply
* Feathering wings for re-entry: same technology as SS1; improved aerodynamics
* Flight simulator operational and already being used as pilot training and design
refinement tool
* G-Forces: max gx (front to back): 6g. max gz (head to toe): 3.8g
* SS2 release: 50,000 ft
* Planned apogee of spaceflight: at least 110 km
* Zero-g phase –out of seat
* Total flight time: all told approximately 2.0 hrs
Diberitakan, sudah ada 300 orang dari seluruh dunia yang sudah memesan tiket penerbangan ke luar angkasa seharga US$ 200 ribu atau Rp 2 miliar ini. Anda menyusul?

Sumber : Liputan6.com, VivaNews.com, Spaceshiptwo.net

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews